Selasa, 21 Februari 2012

Makalah bronkiektasis

Bronkiektasis merupakan kelainan morfologis yang terdiri dari pelebaran bronkus abnormal dan menetap disebabkan kerusakan komponen elastis dan muskular dinding bronkus. Bronkiektasis biasa didapat pada masa anak-anak. Klasifikasi bronkiektasis adalah bronkiektasis silindris, fusiform, dan kistik/sakular (Mansjoer dkk, 2001).
Kerusakan bronkus disebabkan oleh infeksi, infeksi tersering adalah H. influenzae dan P. aeruginosa. Infeksi bakteri lain seperti Klebsiela dan Staphylococcus aureus disebabkan oleh terlambatnya pemberian antibiotik pada pengobatan pneumonia. Bronkiektasis juga ditemukan pada penderita dengan infeksi HIV dan virus lain, seperti adenovirus atau virus influenza (Mansjoer dkk, 2001).
Faktor penyebab noninfeksi adalah paparan substansi toksik, misalnya terhirupnya gas toksik (amonia, aspirasi asam dari cairan lambung, dan sebagainya). Kemungkinan adanya faktor imun yang terlibat belum diketahui dengan pasti karena bronkiektasis dapat ditemukan pula pada klien kolitis ulseratif, reumatoid artritis, dan sindrom sjogren (Mansjoer dkk, 2001).


selengkapnya silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar