Rabu, 22 Februari 2012

Makalah keperawatan medikal bedah hip riplacement

Manusia tersusun oleh kurang lebih 206 tulang. Tulang-tulang dalam tubuh dihubungkan satu sama lain dengan sendi atau artikulasi yang memungkinkan berbagai macam gerakan. Ada tiga macam sendi, antara lain sendi sinartrosis, amfiartrosis, dan diartrosis. Penyakit yang terjadi pada sendi biasanya disebut dengan deformitas. Terkadang penyakit sendi atau deformitas memerlukan intervensi bedah untuk mengurangi nyeri, meningkatkan stabilitas dan memperbaiki fungsi. Terapi pembedahan yang dilakukan pada penyakit sendi meliputi eksisi jaringan rusak dan sakit, perbaikan struktur yang rusak, pembuangan jaringan lepas, fusi imobilisasi sendi dan penggantian semua atau sebagian permukaan sendi.
Kebanyakan penggantian sendi terdiri atas komponen logam dan polietilen densitas tinggi. Dengan penggantian sendi, pengurangan nyeri yang sempurna dapat diperoleh 85% sampai 90% pasien. Pengembalian fungsi dan gerakan bergantung pada kondisi preoperatif jaringan lunak, reaksi jaringan lunak, dan kekuatan otot secara umum. Kegagalan awal pada penggantian sendi ada hubungannya dengan aktivitas yang sangat tinggi dan patologi sendi preoperatif.
Tindakan penggatian sendi biasanya dilakukan pada sendi lutut, pinggul, bahu, dan jari. Sendi (siku pergelangan tangan dan kaki) lebih jarang, lebih kompleks diganti. Dalam makalah ini akan dibahas mengenai total hip replacement atau penggantian panggul total (PPT) mulai dari definisi, indikator sampai dengan asuhan keperawatannya. Pasien yang mendapatkan tindakan PPT biasanya berusia lebih dari 60 tahun dengan nyeri yang tak tertahankan atau kerusakan sendi pinggul ireversibel. Dengan perkembangan bahan prostesis dan teknik operasi yang makin baik, masa hidup prostesis dapat diperpanjang, pasien muida dengan kerusakan panggul berat yang sangat nyeri pun dapat menjalani penggantian panggul total.


selengkapnya silahkan klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar